Selasa, 16 Oktober 2012

Makanan Sehat yang Sering Terlupakan

Quinoa


Meskipun sering disebut gandum, quinoa (dieja keen-wah) sebenarnya adalah biji-bijian. Banyak tersedia di toko kesehatan dan supermarket, quinoa dapat dimasak dan dimakan dengan cara yang sama seperti beras. Makanan ini mengandung semua asam amino esensial (asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda), sehingga bisa menjadi sumber protein yang lengkap untuk vegan dan vegetarian.

Quinoa rendah lemak namun kaya serat penurun kolesterol dan merupakan sumber vitamin B yang sibutuhkan untuk perbaikan sel-sel tubuh dan metabolisme yang efisien. Quinoa mengandung zat besi yang memberikan energi, kalsium untuk tulang yang kuat dan kalium, yang dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Makanan ini juga merupakan sumber magnesium, yang dapat mengurangi frekuensi sakit kepala dengan membantu merelaksasi pembuluh yang memasok darah ke otak- Singkatnya, quinoa adalah makanan sehat dan dapat dipergunakan untuk diet Anda sebagai pilihan yang cerdas dan lezat.

Lobak


Sayuran berukuran kecil ini mengandung nutrisi yang disebut glucosinolate (senyawa yg menyebabkan rasa pahit, pedas, yang bersifat sebagai antikanker), yg juga terdapat dalam brokoli dan kubis.
Glucosinolate membantu meningkatkan enzim detoksifikasi dalam hati, memiliki sifat antikanker dan membantu pencernaan. Lobak hanya mengandung satu kalori dan memiliki banyak serat sehingga mereka bagus untuk mengecilkan pinggang.

Dengan memakan 10 lobak, Anda akan mendapatkan 25 persen vitamin C harian dan daun lobak yg dapat dimakan, mengandung 6 kali lebih banyak vitamin C. Tambahan lobak pada salad musim panas untuk menambahkan rasa pedas tambahan / menambahkan mereka ke hummusdan tzatziki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar